TV rusak, Listrik Byar—ppeet, Bau Gas, Kebakaraaann..!!??

July 25, 2010

sebuah judul yang menengangkan. Tapi tanpa disadari, itulah masalah yang sering kita hadapi sehari-hari. Beberapa hari yang lalu saya memperbaiki TV projection 43" di daerah Seminyak dengan kerusakan, gambarnya bergoyang naik-turun seperti gelombang. Setelah saya periksa, ternyata ic regulator tidak berfungsi dengan normal sehingga perlu diganti. Selesai diganti dan dicoba, gambarnya mau bagus seperti aslinya, meskipun tegangan listrik PLN setelah saya ukur hanya 180 volt. Seperti biasa, konsumen saya memafaatkan Stavolt untuk menstabilkan tegangan. Saya coba memakai stavolt tersebut seperti sebelumnya, selang beberapa menit, tercium bau hangus dari stavolt.

"Ya udah deh, nggak usah pakai stavolt, besok saya belikan stavolt baru", kata pemilik rumah. Sayapun menuruti apa katanya.

Besoknya, Bapaknya nelpon, katanya stavoltnya yang barupun terbakar lagi. Waaahh.. tambah lagi ni beban pikiran.

Analisa saya sih, bisa jadi memang stavoltnya yang udah rusak, lalu stavolt barunyapun cacat pabrik. Akan tetapi yang paling penting dari hal diatas adalah, tegangan listrik PLN yang kurang dari 220 volt. Namun pembaca yang budiman tidak perlu terburu-buru menyalahkan PLN. Karena saat ini pembenahan demi pembenahan terus dilakukan (menurut yang aku dengar dari 123). Kita dukung usaha-usaha itu. Semoga lekas selesai.

Melalui blog saya ini, saya bermaksud mengajak semua orang untuk peduli pada lingkungan sekitar, yang sadar atau tidak, telah ikut mendukung kelangsungan hidup kita. Lalu, apa hubungannya dengan judulnya ?

Begini: Kebakaran yang beberapa waktu lalu banyak melanda kota-kota besar, adalah salah satu wujud kurangnya kepedulian kita terhadap lingkungan. Penyebabnya adalah korsleting listrik. Plus perumahan penduduk yang begitu rapatnya dengan bahan yang mudah terbakar, sehingga mudah sekali bagi si jago merah untuk menyebarkan panas dan jilatannya.

  • Korsleting listrik itu kebanyakan dari kabel listrik yang dipasang sembarangan. Stop kontak yang longgar, sambungan kabel yang tidak rapat, dan beban listrik yang berlebihan.


     

  • Pesawat Elektronik (TV, DVD player, Ponsel, dll) yang mesinnya masih asli seperti asalnya dari pabrikan, sudah memiliki pengaman internal untuk meminimalisasi kecelakaan seperti kebakaran. Sebagai tukang memperbaiki pesawat elektronik selama lebih dari 10 tahun, saya telah banyak mengenali jenis kerusakan pesawat elektronik. Namun tak satupun pernah saya jumpai kerusakan pada pesawat tv yang mengakibatkan kebakaran. Semua pesawat tv selalu dilengkapi dengan pengaman dari korsleting internal baik berupa sekring (fuse) maupun rangkaian elektronik yang didesain sedemikian rupa sehingga memutus suplai listrik jika terjadi korslet internal.


 


 

  • Pesawat Elektrik (Kulkas, AC, Pompa Air, Mixer, Blender, Kipas Angin, dll) dapat menimbulkan kebakaran. Karena seringkali gulungan kawat yang terdapat didalamnya terbakar. Jika daya listrik yang dipasang besar, dan instalasinya tidak bagus, bisa terjadi kelebihan beban pada pengkabelan. Kabel tidak bisa menahan, sehingga panas, isolasinya meleleh, disinilah terjadi kosrlet. Jika MCB (sekring otomatis yang dipasang dibawah meteran PLN) tidak mau turun, bisa timbul api yang dapat membakar sesuatu di sekelilingnya.


     

  • Tegangan listrik yang tidak stabil, naik-turun, dapat mempegaruhi kinerja peralatan listrik yang menggunakan gulungan kawat. Gulungan kawat bisa menjadi cepat panas berlebihan sehingga terbakar. Hal ini sering terjadi pada AC, Kulkas, dan Dispenser Air panas dingin. Menggunakan stavolt berkualitas bisa menjadi alternative.


 

  • Mencuri Listrik. Wow… double impact bisa menyerang anda. Penjara karena anda dianggap merugikan pihak PLN dan orang lain sesama pengguna listrik. Jangan dech… tidak ada pengaman yang bisa menjamin keselamatan anda dan lingkungan. Nonton tv pun nggak bisa nyaman karena was was.


 

Jaga tu pesawat listrik dan elektronik elok-elok. Jangan dekatkan dengan bahan cair atau gas yang mudah terbakar. Jaga kebersihan sekitar pesawat, dari debu, serangga, semut, cicak, tikus, dll. Suatu saat, akan saya upload foto si cicak bin kadal yang mampu menyebabkan korslet pada sebuah tv, dan terbakarnya sebuah CPU.

Nah.. mari peduli dengan listrik. Gunakan seperlunya. Panggil instalatir handal anda bila anda kurang yakin pada kabel listrik yang bergelantungan dirumah anda. Jangan sungkan menelepon ke 123, apabila anda mengetahui kabel listrik luar rumah yang kurang meyakinkan.

Tentang Gas LPG (baca: elpiji), tentu anda semua sudah mengetahui melalui berita di tv.

Ingat: Apabila anda mencium bau Gas yang menyengat, jangan pernah menghidupkan/mematikan peralatan listrik/elektronik. Cari sumber baunya dengan cepat dan tepat, evakuasi sumber Gas ke tempat yang terbuka sambil menghindari segala jenis api. Kalau perlu, teriak yang kencang untuk meminta bantuan.

Menghidupkan dan mematikan peralatan listrik sama-sama berpotensi menimbulkan percikan api pada saklar-saklar manual.


 

Best Regards;

Subur Abadi Elektronik Service

Silahkan tinggalkan comment anda….

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Alamat Kami:

SAEservices. melayani perbaikan Notebook/Netbook, Smartphone, TV (LCD/LED). Alamat: Jl. Gunung Cemara 39A, toko A2. Monang-Maning, Denpasar, Bali. . phone/WA: 081 353 135 102, 085 339 446 812.